Home»Blog»Wireless System, No More Signal Drop!

Wireless System, No More Signal Drop!

Seperti yang kita ketahui, SEM-02 mendukung berbagai macam sistem nirkabel (wireless system), mulai dari Fifine hingga Sennheiser menggunakan adapter khusus. adapter tersebut bisa dilihat di sini.

Dengan adanya fitur dukungan terhadap wireless system, banyak respon positif yang kami dapatkan. Wireless system memang memiliki keuntungan di mana kita dapat bergerak lebih leluasa. Bagus dong?

Eittsss…

Bukan berarti wireless system tidak memiliki kelemahan, signal lost atau hilang sinyal adalah salah satu kelemahan dari sistem wireless.

Memang ada tingkatan dalam wireless system, dari yang entry level berkisar dari 600ribuan, hingga yang puluhan juta rupiah. Namun wireless system dengan spesifikasi lebih tinggipun tidak bisa luput dari resiko signal lost/ signal drop yang diakibatkan oleh adanya interferensi sinyal oleh perkakas/ device lain.

Berikut ini tips dari kami untuk mengurangi resiko signal lost/ signal drop:

  1. Atur frekuensi tiap-tiap wireless transmitter

Wireless system UHF mengandalkan gelombang radio untuk transmisi sinyal audionya baik secara digital maupun analog. Untuk itu frekuensi pada wireless system setidaknya kita atur agar tidak terlalu berdekatan, misal pada wireless Fifine K037 kita beri jarak paling tidak 3 step seperti pada gambar berikut:

Hal ini kami sarankan agar perangkat memiliki setidaknya ruang lega untuk transmisi sinyalnya, karena frekuensi apapun itu pasti memiliki harmonic frekuensinya juga, dan ini bisa kita antisipasi salah satunya dengan cara di atas. Selain itu, resiko channel yang menumpuk di satu frekuensi juga berkurang.

2. Jauhkan dari perangkat wireless (smartphone, wifi router/ repeater)

Beberapa wireless system modern menggunakan frequency band 2.4 GHz, contohnya Rode Wireless Go, Saramonic Blink, dsb. Kabar buruknya, frequency band ini juga digunakan oleh bluetooth, wifi/ router, bahkan smartphone kita dan tentu saja frekuensi ini sangat penuh sesak! Untuk itu saat mengoperasikan sistem wireless dengan spesifikasi frequency band 2.4 Ghz pastikan untuk tidak dekat-dekat dengan router ya! Dan.. jauhkan smartphone-mu!

3. Pangkas jarak antara Receiver dan Transmitter

Wireless system bukanlah alat ajaib yang bisa melakukan transmisi sinyal dengan jarak ratusan meter tanpa rintangan. Lalu maksudnya? Begini.. pada saat di panggung kebanyakan dari kita tentu befikir untuk menaruh receiver (penerima) di dekat FOH. Hmm.. boleh-boleh saja, tapi itu tindakan yang kurang tepat.

Langkah terbaik adalah menaruh receiver di samping panggung, lalu menghubungkan receiver dengan mixer FOH mixer dengan kabel XLR/ snake cable. Ingat bahwa kabel menghantarkan sinyal audio lebih baik dari udara.

Dengan begitu jarak dan rintangan yang dihadapi oleh transmisi sinyal wireless system akan menjadi lebih pendek/ sedikit, yang artinya GOOD SIGNAL, GOOD SOUND!

*Ingin bertanya mengenai topik ini? Silakan kirimkan email ke [email protected]

×