Home»Blog»Mengapa mikrofon SEM-01 harus pakai phantom power?

Mengapa mikrofon SEM-01 harus pakai phantom power?

Mikrofon SEM-01 sama halnya dengan mikrofon kondenser (Condenser microphone), lainnya membutuhkan phantom power/ catu daya 48 volt untuk penggunaannya. Lain halnya dengan mikrofon dinamik seperti yang sering dijumpai untuk penyanyi di atas panggung tinggal colok sudah bisa menyala. Mengapa? Kalian bisa membacanya di sini.

Lalu apa sih phantom power itu? Secara teori, phantom power adalah arus DC yang dialirkan melalui kabel mikrofon untuk menyalakan preamp dari kapsul condenser mic. Kabel yang dibutuhkan untuk mengalirkan phantom power haruslah balanced (memiliki 3 kabel) dan jack XLR yang memiliki 3 pin ( 1 = ground | 2 = + | 3 = -) karena sudah menjadi standar pengoperasian condenser mic menurut DIN standard 45596.

Phantom power memiliki rentang voltase dari 9 V hingga 52 V. SEM-01 sendiri membutuhkan phantom power sebesar 48 V (DIN standard 45596), umumnya sudah tersedia di soundcard/ audio interface, ampli acoustic instrument, dan mixer profesional.

Namun bagaimana jika tidak ada phantom power pada alat-alat kita? Silakan gunakan phantom power supply external (lebih jelasnya klik di sini) yang banyak dijual di toko online maupun offline.

Nah, sekarang sudah paham nih kenapa mikrofon SEM-01 membutuhkan phantom power 👍.

Semoga tulisan ini dapat membantu. Sukses selalu dan selamat berkarya!

*Ingin bertanya mengenai topik ini? Silahkan kirimkan email ke support@seruniaudio.com

×