Home»Blog»Kenapa mikrofon SEM-01 menggunakan polar patter Omni?

Kenapa mikrofon SEM-01 menggunakan polar patter Omni?

SEM-01 menggunakan elektret dengan omni-directional polar pattern. Kenapa Omni? “Karena lebih natural” ya benar! Mikrofon omni lebih peka dan lebih natural dalam menangkap suara dari segala arah. Jadi sangat memungkinkan untuk menangkap suara senar, bodi dan getaran udara pada instrumen akustik secara bersamaan.

siklus feedback (looping)

Berbeda dengan mikrofon cardioid yang hanya fokus pada satu sumber suara saja. Selain itu, mikrofon omni lebih sedikit menangkap mechanical noise dan wind noise dibanding cardioid karena mikrofon SEM-01 juga dilengkapi aksesoris tambah seperti windshield dan instrumen aksesoris.

Bukannya kalau Omni malah lebih mudah feedback daripada Cardioid ya?

Belum tentu ya guys!, tapi kegelisahan feedback sering dialami oleh para pengguna mikrofon Omni seperti salah satunya mikrofon SEM-01. Perlu diperhatikan bahwa polar-pattern Omni bukan satu-satunya penyebab feedback.

Mikrofon SEM-01 didesain untuk close miking, dan tentu saja semakin dekat mikrofon Anda dengan sumber suara, semakin keras juga suara yang akan dihasilkan (ditangkap), Jadi kecilkan volume/ gain-nya ya — karena tentu saja dapat mengurangi resiko feedback. Maka, dekatkanlah mikrofon SEM-01 pada sumber suara instrumen Anda untuk meminimalisir feedback dan juga atur Volume/ Gain secara bijak pada perangkat keras suara Anda.

Oiya, satu lagi jika kalian menggunakan mikrofon SEM-01 di panggung bersama combo band pastinya ini sangat tricky untuk mendapatkan suara yang natural tanpa feedback. Ada beberapa tips yang dapat dicoba jika Anda dalam kondisi seperti diatas.

Pertama, low-cut-filter (highpass filter) cut frekuensi disekitaran 100-200Hz, mintalah pada sound operator untuk melakukan ini jika tidak dapat melakukannya sendiri. Teknik ini akan mengurangi resiko loopback pada low frekuensi tapi tidak pada frekuensi mid ya;

Kedua, jika dipanggung menggunakan sound monitor/ floor monitor pastikan arah speaker monitor tidak mengarah langsung ke mikrofon geserlah sedikit hingga feedback menghilang tapi Anda masih dapat mendengar monitor dengan baik;

Ketiga, Jika Anda mempunyai 2 line output yaitu Direct (pickup) dan Mic gunakan teknik split channel sound outputnya: Floor Monitor hanya mengeluarkan sumber suara dari Direct/ pickup dan atur suara dengan idean, sinyal mic hanya dikeluarkan di Main Output (PA speaker).

Keempat, tips paling mudah yaitu gunakan IEM/ in-ear monitor untuk memonitoring instrumen Anda dengan menggunakan headphone amplifier.

Semoga tulisan ini dapat membantu permasalah temen-temen semua dipanggung pertunjukan bersama mikrofon SEM-01.

Sukses selalu dan selamat berkarya!

*ingin bertanya mengenai topik ini? Silakan hubungi kami melalui email di support@seruniaudio.com

×