Home»Blog»Bisakah SEM-01 digunakan di ampli gitar?

Bisakah SEM-01 digunakan di ampli gitar?

Ada dua Jenis ampli gitar, yaitu ampli gitar elektrik dan ampli gitar akustik.Ampli gitar elektrik memiliki tone yang telah di-shaping dengan frekuensi roll off di atas 4kHz untuk mendapatkan sound distorsi yang nyaman didengar.

Berbeda dengan ampli gitar akustik yang didesain memiliki suara yang hi-fi dengan range frekuensi yang lebih lebar untuk menyuguhkan suara instrumen akustik secara natural.Ampli gitar akustik biasanya sudah memiliki built-in phantom power di dalamnya, jadi Anda bisa menggunakan mic SEM-01 langsung ke ampli gitar akustik, contohnya Bugera AC60.

SEM-01 di ampli gitar akustik Bugera AC60

Namun perlu diperhatikan, tidak semua ampli gitar akustik memiliki phantom power 48V. Ada beberapa ampli gitar akustik yang Hanya memiliki phantom power 15V saja, dan otomatis SEM-01 tidak dapat berkerja dengan optimal di ampli tersebut, contohnya: Marshall AS100D.

Jadi jika Anda ingin menggunakan ampli gitar untuk meng-amplifikasi instrumen Anda, gunakanlah ampli instrumen/ akustik, karena memiliki range frequency yang lebih lebar sehingga mengasilkan suara yang natural, tentunya disamping faktor built-in phantom power supply.

Lalu, bagaimana jika ampli gitar akustik Anda tidak memiliki phantom power atau Anda hanya punya ampli gitar elektrik tapi ingin tetap menggunakan SEM-01?

Tenang, di luaran sana banyak sekali toko, baik offline maupun online yang menjual perangkat phantom power supply eksternal. Alat ini berfungsi untuk menyuplai tegangan 48V yang dibutuhkan mikrofon SEM-01.

Phantom power supply eksternal dari Samson, S-Phantom

Harganya variatif, mulai dari 200ribuan hingga jutaan. Kami merekomendasikan Samson S-Phantom karena kami telah mencobanya dan kami tidak menjumpai masalah disamping harganya yang valuable dengan build quality yang solid.

Untuk ampli gitar akustik, Anda hanya tinggal setup seperti diagram berikut dan atur gain secukupnya, lakukan EQ-ing seperlunya:

Pada ampli gitar elektrik tentunya membutuhkan EQ-ing yang cukup signifikan untuk mendapatkan hasil output yang lebih natural walaupun agak susah untuk mecapai hal ini karena keterbatasan range frequency dari ampli gitar elektrik itu sendiri.

Semoga tulisan ini dapat membantu. Sukses selalu dan selamat berkarya!

*Ingin bertanya mengenai topik ini? silahkan kirimkan email ke support@seruniaudio.com

×