Home»Blog»SEM-01 bisa untuk semua instrumen akustik?

SEM-01 bisa untuk semua instrumen akustik?

“One Mic for all instruments” Seruniaudio SEM-01 memang dirancang untuk mereproduksi dengan baik dan natural suara instrumen akustik, diantaranya gitar, biola, ukulele, gamelan, cello, contrabass, saxophone, piano, kendang, dll.

Namun ada hal yang harus diperhatikan dalam penggunaannya yaitu SPL/ Sound Pressure Level (tingkat tekanan suara) dari masing-masing instrumen akustik. Karena SEM-01 sendiri memiliki maksimum SPL sebesar 102 dB (bisa dilihat pada tabel spesifikasi dibawah👇 ), maka instrumen musik yang memiliki SPL lebih dari 102 dB output suaranya akan ter-distorsi (suaranya pecah).

tabel spesifikasi teknis SEM-01

Kalau digunakan di Drum bisa tidak? Drum memiliki rentang SPL antara 90dB hingga 130dB tergantung kekuatan pukulan dan dinamika yang dimainkan. Misal, saat memukul snare drum dengan keras maka SPL yang dihasilkan bisa mencapai 130 dB bahkan lebih.

Namun kami juga memiliki customer yang menggunakan SEM-01 untuk miking snare drum, kami pun tak heran karena sang sound engineer tahu betul posisi miking yang tepat dan treatment yang digunakan. Lalu seperti apa treatment untuk melakukan hal ini? Kami akan bahas di lain waktu, jadi sabar ya.

SEM-01 di-mounting di snare drum menggunakan brass accessory set (SBA01)

Tapi tenang, untuk instrumen akustik lain masih aman, karena pada dasarnya SEM-01 diperuntukkan untuk miking dan amplifikasi instrumen dengan SPL yang rendah seperti yang telah disebutkan di atas tadi (gitar, ukulele, biola, saxophone, gamelan, dll).

Jadi jika ditanya, “SEM-01 bisa untuk semua instrumen akustik?”, bisa dong! Tak perlu khawatir. Saya lebih khawatir berhadapan dengan tetangga yang marah-marah karena kita main musik terlalu keras hehehe 🤣

Semoga tulisan ini dapat membantu. Sukses selalu dan selamat berkarya!

*Ingin bertanya mengenai topik ini? Silahkan kirimkan email ke support@seruniaudio.com

×