Home»Blog»Tips & Trick»Merekam Audio Di Kamera Digital Menggunakan SEM-02

Merekam Audio Di Kamera Digital Menggunakan SEM-02

Saat melakukan shooting video untuk film, merekam audio menggunakan audio recorder eksternal memang perlu jika kita menginginkan kualitas audio yang terbaik. Namun, bagaimana jika hanya untuk kebutuhan vlogging atau untuk materi feed di sosial media? Apakah merekam audio di kamera langsung hasilnya bisa bagus?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu kita ketahui bahwa kamera digital saat ini memiliki preamp mic dan DSP yang boleh dibilang cukup bisa diandalkan (low noise, wide freq. response, HDR, dsb). Artinya merekam audio langsung ke kamera masih bisa menghasilkan kualitas audio yang baik, dan kabar baiknya tidak perlu sync audio-video di post-production. Hemat waktu!

“Namun perlu diingat jangan pernah gunakan mikrofon internal kamera, karena hasilnya sangat buruk!”

Kamera digital lebih fokus untuk menghasilkan gambar/ video yang bagus, bukan fokus di urusan audio. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan mikrofon eksternal. Secara spesifikasi, aplikasi, dan hasil audio mikrofon eksternal jauh lebih baik daripada mikrofon internal. Mikrofon eksternal untuk kamera bisa berupa shotgun mic atau lavalier mic.

Kami sering mendapatkan pertanyaan tentang merekam audio langsung ke kamera menggunakan SEM-02, apakah bisa?

Tentu saja bisa! Mikrofon SEM-02 memiliki keunggulan di sistem microdot-nya. Dengan hanya menambahkan ACS26-M adapter, Anda sudah bisa merekam audio di kamera dengan kualitas audio yang baik.

ACS26-M Adapter

Lalu bagaimana setup-nya?

Ada dua setup yang akan kami rekomendasikan, yakni wired (langsung colok ke kamera) dan wireless (menggunakan RODE wireless Go atau sejenisnya)

1.Wired

Setup ini sangat mudah:

Pasang SEM-02 dan ACS26-M adapter
Atur gain mikrofon di kamera agar tidak terjadi peak/ clipping (suara pecah) saat merekam audio

2.Wireless

Setup wireless bisa menggunakan RODE Wireless Go, baik versi 1 ataupun yang terbaru, RODE Wireless Go II. berikut skemanya:

RODE Wireless GO II dengan split input, bisa 2 channel terpisah (kiri)
RODE Wireless GO I dengan 1 input joint stereo/ mono (kanan)

Audio pada video di bawah ini direkam langsung ke kamera Canon EOS M-6 secara wireless menggunakan SEM-02 & RODE Wireless Go.

Level audio di kamera dan di RODE Wireless Go di set di angka minimum agar sinyal yang masuk ke kamera tidak peak/ clipping.

Bagaimana?

Bisa juga ternyata mendapatkan hasil audio yang baik meskipun merekam audio langsung ke kamera.

*Ingin bertanya mengenai topik ini? Silakan kirimkan email ke [email protected]

×